Kamis, 08 Januari 2015

Perjalanan hidup (Sajak)



Aku hadir di dunia dalam kesucian
Lalu datang masa anak-anak paling menyenangkan
Dan ketika remaja kegundahan mulai hadir
Labil menjadi kebiasaan yang terjadi
Aku mengingat-Nya ketika aku sedang susah
Dan aku melupakan-Nya ketika aku gembira
Itu semua adalah realita

Dan kini masa depan menjadi tujuan
Tapi aku dalam kurungan kegengsian
Sikapku sering berbanding lurus dengan lingkungan
Aku menghitam ketika di lingkungan kegelapan
Dan aku bercahaya ketika di dalam lingkungan pencerahan

Aku menjadikan gengsi sebagai Tuhan
Ketika aku pamer kemampuan di depan umum
itu demi menjunjung derajat di depan manusia
Yang pada akhirnya hanya akan membuat lelah
Aku menjadikan kesombongan menjadi Tuhan
Di saat bahasa barat aku jadikan alat kebanggaan
Di satu sisi bahasa daerah terus aku lupakan
Dan bahasa etika aku sepelekan
Aku menjadikan hoby menjadi Tuhan
Aku mempelajari ilmu tentang hoby yang aku geluti
Tapi aku enggang membagi ilmu itu kepada sesama
Dan justru aku ceritakan semua tentang hoby mahalku
Supaya mereka kagum dengan hobyku itu
Sampai aku lupa bahwa kelebihan hadir bersama kekurangan
Aku jadikan keegoisan menjadi Tuhan
Aku panggil mereka ketika aku susah
Dan aku akan melupakannya dalam kesenangan
Karena yang penting aku bahagia

Aku masih muda dan aku bangga dengan semuanya
Aku menjadi murid teladan pelajar budaya asing
Karena aku malu menjalankan budayaku sendiri
tapi ketika ada negara lain mengaku-ngaku atas kebudayaanku
Aku akan mencela dan mencaci makinya
Karena bicaraku besar tapi kecil tindakanku

Aku adalah raja dalam bermain game modern
Karena aku malu dengan permainan daerah
Permainan yang mulai hilang di telan zaman
Dan aku bangga dengan hal itu
Aku lihai dalam memainkan alat musik dari negara asing
Dan selalu aku tampilkan di muka umum
Karena aku malu dengan alat musik daerahku
Yang terus tergerus oleh kegengsian

Itulah keseharian hidupku
Akulah pemuda dan aku bangga dengan semuanya
Dan kini aku bertanya
Kalau kalian bagaimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar