Minggu, 22 Maret 2015

Mekanisme pengabsenan dosen kepada mahasiswanya

Cara-cara dosen dalam mengabsen mahasiswanya :
1.       Dosen memanggil satu persatu mahasiswanya di awal pembelajaran
Cara ini bisa dikatakan menjadi salah satu cara yang sering di gunakan dosen dalam mengabsen mahasiswanya. Hampir cara ini sangat umum di gunakan oleh dosen untuk mengabsen mahasiswanya. Cara ini memang efektif untuk menghindari mahasiswa untuk hanya nitip absen. Namun cara ini juga ada kelemahanya. Yaitu mahasiswa awalnya masuk,namun setelah sang dosen sudah mengabsennya, tak lama kemudian si mahasiswa itu minta izin kebelakang namun si mahasiswa tidak masuk kemabali. Intinya si mahasiswa hanya mengejar kehadiran saja namun enggan menjalani pembelajaran di kelas.
2.       Dosen memanggil satu perastu mahasiswa di akhir pembelajaran
Cara yang satu ini adalah cara yang paling efektif dalam upaya menghindari mahasiswa yang hanya nitip absen. Lebih dari itu cara inipun bisa menghindari mahasiswa yang hanya mengejar absensi namun enggan menjalani pembelajaran di kelas. Namun cara seperti ini hampir sedikit dosen yang menggunakannya.
3.       Dosen hanya menyerahkan kertas absensi kepada mahasiswanya
Cara yang berikut ini adalah cara yang menimbulkan mahasiswa untuk saling nitip absensi. Mahasiswa yang satu akan menyuruh mahasiswa lain untuk mengabsenkannya di kertas absensi. Karena sang dosen hanya berfikir tugasnya hanya masuk kelas dan menyampaikan materi yang harus di sampaikan kepada mahasiswanya. Sang dosen tidak berfikir bahwa yang ia lakukan secara tidak langsung akan menumbuh kembangkan mahasiswa yang suka nitip absen.  
4.       Dosen menyerahkan kertas absensinya kemudian memanggil satu persatu
Cara ini adalah cara yang paling jarang ditemui. Tapi masih ada dosen yang masih melakukan cara ini untuk menekan angka mahasiswa yang hanya nitip absen. Terutama di universitas yang menggunakan jumlah absensi mahasiswanya sebagai syarat untuk mengikuti UTS dan UAS. Secara umum jumlah absensi yang harus mahasiswa jalani adalah minimal 75% kehadiran. Jadi mekanisme pengabsenan yang ini adalah cara yang di gunakan oleh dosen sebagai cara untuk memastikan minimal kehadiran mahasiswa bisa berjalan dengan benar.



Ahmad Ariefuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar